Kuliah Umum di Fakultas Hukum Univ. Indonesia Oleh Kadivkum Polri

 

Kuliah Umum di Fakultas Hukum Univ. Indonesia Oleh Kadivkum Polri Irjen Pol. Drs. Mas Guntur Laupe, S.H., M.H.

          Pada hari Kamis, 22 Agustus 2019, Kadivkum Polri memberikan kuliah umum bagi 710 mahasiswa baru Fakultas Hukum Univ. Indonesia (FH UI) bertempat di Auditorium Djokosoetono, FH UI Depok. Agenda ini merupakan agenda rutin Badan Perwakilan Mahasiswa FH UI dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru FH UI Tahun 2019. Kuliah umum yang diberikan mengambil tema "Mengusut Kejahatan Terhadap Keamanan Negara dan Pemberantasannya."

Materi dimulai dengan penyampaian kondisi era globalisasi di dunia yang mengakibatkan perubahan dalam sistem kemasyarakatan yang membawa dampak positif dan negatif, yang mana salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah meningkatnya angka kejahatan. 

kadiv2.jpg

Berkenaan dengan jenis-jenis kejahatan, permasalahan kejatahan yang terjadi saat ini semakin kompleks dengan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk melakukan suatu tindak pidana. Dengan demikian, angka kejahatan semakin bertambah secara kuantitas dan semakin canggih secara kualitas.

kadiv3.jpg

Sesuai dengan tema, selanjutnya disampaikan mengenai kejahatan terhadap keamanan negara sebagaimana diatur dalam KUHPidana, dan bagaimana strategi Polri dalam menangani kejahatan keamanan negara dan kejahatan pada umumnya, sesuai dengan Program Prioritas Kapolri yaitu Program 3 penanganan kelompok radikal pro kekerasan dan intoleransi yang lebih optimal; Program 7 penguatan harkamtibmas; Program 8 membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas; dan Program 9 penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan.