Skip Navigation LinksFUNGSI-HUKUM-PUNYA-LOGO-BARU

 LOGO BARU DIVISI HUKUM POLRI

 

‚ÄčKeputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang penggunaan atribut logo fungsi hukum pada tanggal 12 September 2017 lalu telah disahkan, sehingga penggunaan logo fungsi hukum untuk acara-acara fungsi hukum sudah dapat menggunakan logo baru yang sebelumnya menggunakan logo Mabes Polri, dan Juga penggunaan Badge pada seragam PDH Personel Polri yang bertugas pada Fungsi Hukum selain menggunakan logo Mabes Polri pada lengan kiri juga menggunakan logo fungsi hukum pada lengan kiri.

Logo fungsi Hukum sendiri memiliki makna sebagai berikut:

MAKNA LAMBANG
  1. Logo fungsi Divkum Polri merupakan perwujudan dan komitmen Divkum Polri dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan hukum, penyuluhan hukum kepada anggota Polri dan masyarakat serta pemberian bantuan dan nasihat hukum kepada institusi anggota Polri dan keluarga Polri. Komitmen tersebut merupakan refleksi dan implementasi dari visi dan misi Divkum Polri;

     
  2. Visi Divkum Polri

    Terwujudnya Divisi Hukum Polri yang mampu berperan dalam menyelenggarakan fungsi, pembinaan, pengkajian, bantuan dan nasihat hukum, pengembangan hukum, pembinaan hukum dan HAM di lingkungan Polri dan berpartisipasi aktif dalam pembinaan dan pembangunan hukum nasional dan HAM;

     
  3. Misi Divkum Polri
    1. membina dan mengembangkan kemampuan Divkum Polri, Polda dan Polres;
    2. melaksanakan pengkajian permasalahan hukum dan pembangunan nasional terutama yang terkait dengan tugas pokok Polri;
    3. menyelenggarakan penyuluhan hukum guna peningkatan pengetahuan hukum jajaran Polri dan keluarga Polri;
    4. melaksanakan sinkronisasi dan harmonisasi dan penyusunan peraturan kepolisian;
    5. menjalin kemitraan dengan Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi, dan praktisi hukum dalam rangka pengembangan hukum guna mendukung keberhasilan Polri; dan
    6. memberikan pendapat saran hukum, advokasi, dan bantuan hukum guna memperjuangkan kepentingan hukum institusi Polri dan anggota Polri/PNS Polri beserta keluarganya.

MAKNA WARNA

  1. warna dasar merah melambangkan semangat dalam bekerja dan cinta Institusi;
  2. garis tepi lingkaran berwarna hitam melambangkan penguasaan Ilmu pengetahuan di bidang hukum dan kebulatan tekad untuk mencapai pribadi yang bermoral.

     

MAKNA BENTUK

  1. lingkaran bentuk oval melambangkan satu kesatuan disegala bidang hukum dengan harapan hukum dapat ditegakkan;
  2. lambang perisai yang memberikan perlindungan hukum bagi anggota Polri dan masyarakat serta memberantas ketidakadilan dan menegakkan kebenaran.

 

MAKNA TULISAN HUKUM

  1. menurut capitant:

    Hukum adalah keseluruhan daripada norma-norma yang secara mengikat mengatur hubungan antarmanusia dalam masyarakat.
  2. menurut Drs. C. Utrecht, S.H.

    Hukum adalah himpun peraturan-peraturan yaitu yang berisi perintah-perintah dan larangan-larangan yang mengurus tata tertib suatu masyarakat, oleh karena itu harus ditaati oleh masyarakat itu.
  3. yang dimaksud tulisan hukum warna hitam pada TIK yaitu untuk menunjukkan seorang yang berdiri di fungsi hukum harus menaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.

     

MAKNA TULISAN FIAT JUSTITIA RUAT COELUM

Tulisan Fiat Justitia Ruat Coelum warna hitam dengan dasar warna kuning mengandung arti hendaklah keadilan ditegakkan walaupun langit akan runtuh.

MAKNA TRIBRATA

Lambang Tribrata adalah pedoman hidup Polri sebagai abdi utama dari rakyat, Polri yang tumbuh dan berkembang dari rakyat untuk rakyat harus berinisiatif dan bertindak sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

 

MAKNA TIMBANGAN DAN BUKU

Timbangan dan buku dengan warna kuning emas melambangkan keadilan yang diperoleh melalui keseimbangan dengan mematuhi segala Peraturan Perundang-undangan.

Untuk Donwload Keputusan ini klik link berikut -->Download Logo 

Alternatif link-->Download